Monday, February 10, 2020

Jalan-jalan ke Malang

Bismillah....

Ini tadi tetiba ingat perjalan backpacker kami ke Malang bulan kemarin, sayang banget kalau cuma dikenang di otak masing2. Kenapa gak ditulis di blog aja, bisa dibaca nanti sekian tahun ke depan dan barangkali ada manfaatnya buat yg main ke blog ini.

Iya, alhamdulillah bulan Januari 2020 kemarin kami main ke kota Malang. Suami sudah merencanakan dari jauh2 hari dan ambil cuti. Setelah 7bln long distance marriage (LDM). Untuk cerita LDMnya sudah pernah dibahas di postingan sebelumnya. Sekarang kita mulai cerita liburan backpacker nya ya..

Tgl 9 Januari 2020
Jam 16.30wita
Kita naik grabcar ke terminal Mengwi. Biayanya Rp73. 000,- Iya, kita sudah beli tiket bus jauh2 hari, tujuannya biar bisa pilih tempat duduk di belakang sopir. Karena kita bawa anak 3, yang antusias banget tiap liat bus. Jadi kita milih tempat duduk di belakang supir biar mereka puas menikmati perjalanan. Dari rumah ke terminal Mengwi memakan waktu hampir 1 jam, apalagi jam pulang kantor biasanya macet. Sampai2 kita sudah ditelpon pihak busnya karena mendekati jam keberangkatan kita belum keliatan. 😁

Jam 18.00
Bus berangkat dari terminal Mengwi menuju terminal arjosari, malang.
Kita kemarin memutuskan naik bus Medali Mas. Fasilitasnya AC, bantal, selimut dan snack. Harganya Rp140.000, -/orang. Kami membeli tiket untuk 4 kursi. Jadi si bungsu shalihah ku, cukup dipangku bergantian. Walaupun akhirnya dia lebih banyak dipangku ayahnya, karena emaknya cukup teler kalau harus naik bus. 😩
Perjalanan memakan waktu kurang lebih 10 jam. Adzan subuh kita susah sampai di terminal arjosari. Alhamdulillah



Jam 05.00wib
Sampai di terminal, kita istirahat sebentar untuk minum kopi, teh dan ke kamar kecil. Lanjut kita pesan grabcar untuk ke penginapan di daerah merjosari. Biayanya Rp35.000, - karena masih subuh, jalanan sepi, kita cukup menikmati perjalanan. Ini pertama kalinya aku dan anak-anak ke malang. Kalau suamiku, entah ini yang keberapa. Masa lajangnya tiap libur mainnya ke kota ini.

Jam 5.30wib
Kita sudah pesan penginapan jauh2 hari juga. Jadi enaknya ketika kita udah pesen tiket bisa dan penginapan lebih dulu, kita gak repot lagi pas hari H, selain itu juga kita bisa manage keuangan pas liburan. Jadi tinggal pikirin biaya makan dll. Kita menginap di Joyo homestay syariah. Ternyata, di malang sudah banyak banget homestay2 syariah, yang kalau kita liat di peraturan homestay nya harus nunjukin buku nikah kalau yg nginep laki-laki perempuan, kalau melanggar dendanya gak main2, 10jt rupiah. Karena kita diliat udah bawa rombongan anak, jadi cukup pakai KTP. Disini perhari sekitar 175.000-150.000 rupiah utk kamar yg family. Enak banget tempatnya, honey banget dan bersih. Ada dapurnya juga, jadi kalau yg mau hemat, tinggal belanja ke pasar, masak sendiri kayak lagi di rumah. Jadi gak perlu jajan.
Kita juga sewa motor selama di malang, biayanya Rp75.0000/hari. Kenapa gak bawa kendaraan sendiri aja? Capek, apalagi suami baru sampai dari manado dan kita pengen seru2an. Kalau mau searching lagi jauh2 hari sepertinya bisa dapet yg jauh lebih murah dari itu.
Nah, kenapa kita pilih nginep di daerah merjosari? Kok gak di pusat kota atau daerah wisata, kota batu? Ya, karena tujuan utama kita ke malang untuk nemenin anak sulung yg harus tes masuk SD disini. Orangtuanya juga ding yg harus di observasi. Kenapa disini sekolah? Gak di Denpasar aja? Ini juga akan ku bahas di postingan selanjutnya, insyaaAllah.

Selama di Malang kita gak wisata kuliner yg macem2, krna kita memang gak ada budget untuk itu.  Yg penting kita dapet makan bakso sepuasnya, dan itupun kita gak cari bakso2 yg hits, karena di depan gang masuk penginapan kita juga udah ada warung bakso yang enak dan murah. Cukup Rp10ribu rupiah aja udah kenyang puas dan halal. Selain itu kita tiap hari cuma beli makanan ala mahasiswa aja, nasi kuning atau nasi pecel, nasi lalapan kadang juga masak mie di homestay. Dan itupun sudah bikin anak-anak, bahagia luar biasa. Sampai sekarang masih terngiang2 perjalan ke malang ini, meaning full. Ini pertama kalinya kami perjalanan ke luar bali, bener2 berdua+anak2. Biasanya kalau mudik ke banyuwangi atau ke kota lain, pasti ada yg nemenin, orangtua atau mertua. Dan, ini bikin ketagihan. Bikin bonding kita sama pasangan dan anak-anak itu makin deket. MaasyaaAllah... Alhamdulillahilladzibini'matihitatimushshalihaat..

Selama di malang kemana aja?
Kita udah bikin skala prioritas, jadi yg pertama kita konsen ke tes masuk SD dan liat lingkungan deket2 SD. Setelah itu silaturrahmi ke temen2 yg di malang. Karena kita gak punya sodara yg tinggal di sana. Alhamdulillah pas silaturrahmi ke temen suami, dikasi tiket ke waterpark daerah batu. Jadilah selesai tes, kita cuss ke batu. Yes, tetep naik motor ber 5, lupa bawa jaket dan hujan. Taulah batu dinginnya gimana. Tapi karena happy ya lanjut aja. Pulangnya dari kusuma waterpark suami masih ngajak minum kopi , jalannya lebih naik lagi ke arah coban rondo. 😌
Hari-hari selanjutnya kita habiskan untuk silaturahmi ke teman-teman yg lain. Jangan harap ada cerita beli oleh-oleh segala macem ya... 😄😄😄

Oh iya, selama di malang, untuk baju-baju kotor aku laundry yg sehari langsung jadi. Sore ku anter, besok pagi atau siang kuambil. Cukup murah sih, sekitar Rp5rb/kg. Sebelum pulang, baju2 bersih ku paketin ke Bali. Karena biar gak bawa berat, kebayang bawa anak2 kicik 3, perjalanan kita pulang nanti harus naik turun kendaraan, jadi harus sesimpel mungkin. Kita cuma sisain, baju kotor yg gak sempet di laundry, baju utk pulang dan baju utk jaga2 buat anak2. Now, its time to go home...

Malam sebelumnya kita sudah beli tiket kereta, kenapa gak jauh2 hari juga belinya? Karena kita gak tau pulang pastinya kapan. Krna terbukti kita extend 1 -2hari dari perkiraan, anak sulung gak mau2 diajak pulang. 😁
Kita beli tiket lewat indomaret, harganya Rp62rb/orang. Saran nih, kalau mau beli tiket kereta jangan lupa siapin kartu KK ya utk masukin nomer IDnya.

Jam 15.30wib stasiun kota baru, malang.
Keretanya berangkat jam 16.10wib. Kita sengaja datang awal agar anak-anak puas liat-liat stasiun dan kereta api. Maklumlah, untuk masyarakat yg tinggal di bali, kereta api sesuatu yang "wow" Karena di bali gak ada kereta api 😁. Jadi bisa bayangkan ekspresi anak-anak, yang biasanya mereka liat di film kartun sekarang ada di depan mereka. Dan selama di dalam kereta, maasyaaAllah.... Seperti di playland. Bahagia dan bahagia aja isinya...

Jam 00.00wib, ketapang banyuwangi.
Maaf kalau jam nya kurang akurat. Seinget saya sampai di stasiun ketapang sekitar jam segini. Kita jalan kaki dari stasiun menuju pelabuhan Ketapang. Tenang, jaraknya deket banget kok. Alhamdulillah anak-anak gak rewel krna udah dapet tidur di kereta tadi.

Jam 01.00wib, pelabuhan Ketapang.
Anak-anak masih antusias krna akan naik kapal laut. Oh iya, kita cukup bayar 18rb utk 5orang. Jangan lupa siapin kartu pembayarannya ya... Semacam kartu e-tol gitu. Maaf, emak gak paham. Setelah naik kapal laut, aku bagian jaga anak-anak, dan suami mau bergerilya cari akomodasi lanjutan menuju denpasar. Pencarian pertama nihil, dia bilang semua penuh dan gak ada bus. Cuma ada mobil travel itupun penuh penumpang. Ya sudahlah, kita pikirin nanti di gilimanuk saja.
Ketika kapal sudah sandar, kita turun dan siap-siap mau keluar kapal. Ada sopir travel yang menawari kita tumpangan, dia kasi harga Rp200rb untuk kami ber5. Dia bilang mobilnya kosong. Aku meyakinkan sopir travel dg harga segitu, kami gak mau pisah tempat duduk dan gak mau kalau ada yg merokok. Dan dia meyakinkan kembali harga dan persyaratan ku. Alhamdulillah... Memang benar mobilnya cuma ada 1 penumpang dan itupun turun di tabanan.
Alhamdulillah rezeki anak-anak... Kita naik travel diantar sampai depan rumah dan biaya yg sangat murah. Krena biasanya kalau harga normal sekitar Rp150rb/orang.

Jam 7.00wita
Alhamdulillah... Kita sampai di rumah dengan kondisi sehat dan bahagia 💕

Semoga cerita backpacker ala Ummu 'Ammar ini ada manfaatnya ya terutama yang mau coba untuk jalan-jalan sambil ngajak anak-anak. Anak-anak selama dijalan rewel gak? Alhamdulillah anak-anak mengerti krna hari hari sebelum berangkat kita sounding dan kita kasih tau  rencana perjalanan kita.
Jujur, ini bikin ketagihan... Semoga kita bisa jalan-jalan lagi bareng anak-anak ya abu 'Ammaar... Kita jelajah bumi Allah yg indah ini. InsyaaAllah...

Segitu dulu ya cerita jalan-jalan nya... Semoga bermanfaat. 🙂

*ngetiknya sudah malam sambil WA abu'Ammaar. Maaf kalau banyak typo